Effect Size Analysis of the Influence of Science Teaching Materials Based on Scientific Approach on Students’ Learning Outcomes

Authors

  • Anisa Dwita Fitri Universitas Negeri Padang
  • Asrizal Universitas Negeri Padang
  • Festiyed Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jipt/vol1-iss2/18

Keywords:

Analisis, Ukuran Efek, Bahan Ajar, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

This research analyzes the influence of teaching materials in science and physics learning based on a scientific approach on student learning outcomes determined through Effect Size. This research uses a descriptive study method. Research data was obtained from 20 journals regarding the influence of scientific approach-based science and physics teaching materials on student learning outcomes. The study is based on three categories, namely aspects of student learning outcomes, level of education and type of teaching materials. The research results show that in the aspects of student learning outcomes, namely knowledge, attitudes and skills, all three have a high measurement category with an effect size value of 1.05 each; 1.06 and 0.94. The influence of scientific approach-based teaching materials on high school students is better than on middle school students with mean effect sizes of 1.06 (high) and 0.70 (medium) respectively. The use of worksheets with a scientific approach has the greatest influence on student learning outcomes compared to other types of teaching materials with an effect size value of 1.15 (very high).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andesta, D. B. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jornal homepage: www.ejournal.almaata.ac.id/litera si, 9(1), 37-50.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Subjects on Students' Learning : A Preliminary MetaAnalysis. Journal of STEM Education, 12(5&6), 23-37.

Dewi I.S. ,Sunarno W.,Dwiastuti S. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 8, No. 2, 2019 (hal 186-197)

Febri Y. G , Putra. A , Hufri (2015). Pengaruh Handout Berorientasi Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas IX SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pillar Of Physics Education, Vol. 5, 97-104.

Heru. P. K, Hidayati & Ramli (2017). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Padang. Jurnal. Pillar of Physics Education, Vol. 9. 81-88.

Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Koseptual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ikmal. M, Murtiani & Darvina. Y (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Elektronik Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha dan Energi terhadap Pencapaian Kompetensi Holistik Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No 2, 161-168

Izzah, N, Asrizal & Festiyed. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM terhadap Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro. Vol. 9, No. 1. 114-132.

Kirana F.C., A. Hali.,Rahwanto (2018). Pengembangan dan Implementasi Modul Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan KPS Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol. 06, No. 02, hlm 107-111, 2018.

Kliyanti S.M.,Nengsih R.,Yulianti E. (2018). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA/MA Sederajat . Biocolony, Vol. 1 No. 2, Desember 2018. Hal: 34-39.

Kurniawan. D, Suyanto. E & Dewa.P.N. I (2019). Pengaruh Penerapan Suplemen Buku Siswa Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Interes Media

Mulyana. V, Asrizal & Festiyed. (2021). Studi Deskriptif Meta Analisis Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA terhadap Pemahaman Konsep Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, Vol. 9, No. 1

Mustakim. A, Jumini. S & Firdaus. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintific Berbasis Riset untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VIII di SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Dero Duwur, Di Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ.

Mustika, Saptaningrum, E & Susilawati. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7. 63-71

Nilasari.D , Purnama. S. L & Hakim. S.L. (2020). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI IPA. Jurnal PhysEdu Pendidikan FISIKA IPTS, V ol. 2 No.1

Novita, Hidayati & Masril. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Berorientasi Pendekatan Saintifik dalm Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMAN 1 Bukittinggi. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No 2, 89-96.

Rikizaputra, Lufri , Amran. A, Asrizal & Hardeli. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Modul Berbasis Sainstifik pada Pembelajaran IPA. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Volume 11, Nomor 1, halaman 38-46.

Sapitri D., Ardi.,Leilani I. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Glosarium Tentang Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Journal Biosains, Volume 1 Nomor 2 2017.

Satria, H., & Handhika, J. (2015). Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Berbasis Scientific Approach Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Termodinamika. In Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, (Vol. 6).

Sawitri, Y, Asrizal, Kamus. Z & Afrizon. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik dalam Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 12. No 1, 105-112

Sumiati, E, Septian D & Faizah .F. (2018) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2), 75-88

Syafi’ah, R. & Laili, A.M. (2020). Pengembangan LKS IPA SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Volume 10 Nomor 2

Tri. B. M, Asrizal & Hidayati. (2018). Penggunaan LKS Laboratorium Virtual Fisika dalam Pendekatan Saintifik Materi Fluida terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 14 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol 11. No 2. 185-192

Downloads

How to Cite

Dwita Fitri, A. D. F., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2023). Effect Size Analysis of the Influence of Science Teaching Materials Based on Scientific Approach on Students’ Learning Outcomes . Journal of Innovative Physics Teaching, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.24036/jipt/vol1-iss2/18
Received 2023-07-26
Accepted 2023-12-24
Published 2023-12-25
Abstract viewed = 64 times

Most read articles by the same author(s)